Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28
Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua.
Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan
menggunakan “foto yang diperoleh dari facebook (buku wajah) daring di
sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan
meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi”. Untuk
menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard
yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard
pada waktu itu tidak memiliki “buku wajah” (direktori berisi foto dan
informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000
tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini
langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan
beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum
karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar
privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut
dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester
tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian
final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs
webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.Ia
membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling
berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai
menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi,
katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash.
Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “Thefacebook” yang awalnya
berada di situs thefacebook.com.
Enam hari setelah situs ini
diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss,
dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar
mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama
HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat
sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan
surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut
mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya
diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa
Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah
mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin
(pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman
grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk
membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook
memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian
dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New
York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan
Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004,
dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg,
diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook
memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini
menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping
PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah
membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000
Facebook
meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang
dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu,
jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook
kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari
sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook
kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang
berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.
Pada
24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6%
saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai
sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka
untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008,
Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat
internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook
mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama
kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa
saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan
eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS
setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat
berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke
Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook
mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Facebook juga menjadi jejaring
sosial teratas dari delapan pasar perorangan di Asia, yaitu Filipina,
Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hong Kong dan
Vietnam, sementara merek lain masih mempertahankan posisi teratas mereka
di beberapa pasar, termasuk Orkut milik Google di India, Mixi.jp di
Jepang, CyWorld di Korea Selatan, dan Wretch.cc milik Yahoo! di Taiwan.
Sebagian
besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah
rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook
hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft.
Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook
memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan
Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan
Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi
pengguna. Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon
yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna
menggunakan cara “apa yang dibeli teman”.
Facebook umumnya
memiliki tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada
situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima
seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara
keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook
mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna
Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8%
dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian),
sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam
satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah
Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa
kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai
0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu.
Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan
berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah
dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik
Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara
teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk
menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam
mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak
waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna menghabiskan
waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka teralihkan
dari iklan.
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan
melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver,
sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa
mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih
tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien
pertamanya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan
menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk
iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang melihat video tersebut
menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri adalah 25%
untuk iklan video spanduk.
Facebook memiliki lebih dari 1.700
karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark
Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital
Sky Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean
Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital
Partners antara 1 – 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%,
Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas
karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%,
termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D’Angelo, Chris Hughes, dan
Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki
kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki
oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D’Angelo,
kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei
2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai
bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan
ini.
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka
telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan
nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau
mengumumkan “pendapatan penjualan ranah” sebesar US$8,5 juta, sehingga
pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal
sepanjang sejarah
Tokoh utama Facebook
Mark Zuckerberg (CEO) Chris Cox (Wakil Presiden Produk) Sheryl Sandberg (COO) Donald E. Graham (Chairman)
Pendiri Facebook
Mark Zuckerberg Eduardo Saverin Dustin Moskovitz Chris Hughes